4 Ide Pemasaran dari Industri Mode yang Dapat Digunakan di Setiap Bisnis

Ide Pemasaran dari Industri Mode

4 Ide Pemasaran dari Industri Mode yang Dapat Digunakan di Setiap Bisnis

Ingin mendapatkan ide pemasaran dari industri mode? Fashion adalah salah satu industri paling kejam. Merek-merek fashion terkenal bersaing tidak hanya dengan satu sama lain tetapi dengan merek yang lebih kecil dan lebih muda. Dan terutama pelanggan fashion, telah menjadi lebih banyak menuntut. Mereka tidak hanya ingin membeli produk mereka ingin membeli cerita, gaya hidup, emosi. Mereka ingin terkejut dan menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar.

Baca Juga: Founder Fix Stitch Menjelaskan Mengapa Saran Terburuk yang Dia Dapatkan adalah Mendapat Banyak Uang

Agar berhasil, merek tidak punya pilihan selain untuk memenuhi permintaan pelanggan. Mereka harus kreatif. Oleh karena itu, mereka menguji setiap taktik pemasaran, mencoba tren terbaru. Dan itulah alasan pemasaran fashion begitu mengagumkan.

Mari kita lihat beberapa taktik pemasaran yang sudah digunakan dunia mode.

Kolaborasi yang tidak terduga

Kolaborasi adalah semua tentang menarik audiens baru, dan merek fashion telah sukses besar. Kami telah menyaksikan H&M, yang dikenal sebagai merek pasar massal, membuat koleksi bekerja sama dengan Karl Lagerfeld, Kenzo, Nike Dan merek-merek fashion terkenal lainnya. Raksasa olahraga secara mengejutkan berkolaborasi dengan merek mewah Louis Vuitton.

Baca Juga: Mengapa Fashion Guru Nina Garcia Mengatakan Berpikir Sepatu Pertama Dapat Membuat Anda Lebih Produktif

Salah satu koleksi paling mengejutkan datang dari Adidas. Dalam kemitraan dengan Stella McCartney dan organisasi Parley untuk Samudra, Adidas membuat koleksi baju renang yang unik. Hal penting tentang itu adalah kenyataan bahwa pakaian terbuat dari sampah laut yang halus.

Kami melihat bahwa merek fashion berhasil menggabungkan hal-hal yang terlihat berbeda: wearable dan unwearable, pasar massal dan elite, olahraga dan fashion. Mengapa mereka melakukannya? Mereka membuat produk baru yang sesuai dengan audiens baru. Itu adalah cara terbaik untuk memperluas lini produk dan audiens merek.

Dukungan selebriti

Sekali lagi, ini semua tentang menemukan pemirsa baru. Seluruh konsep menggunakan selebriti untuk mempromosikan bisnis bukanlah hal baru. Idenya cukup sederhana penggemar Selebriti memuja mereka dan memercayai pendapat dan pilihan mereka. Itulah sebabnya ketika sebuah merek menggunakan seorang selebritas dalam iklannya, ia mendapat lebih dari sekadar pemirsa baru ia mendapat pemirsa yang loyal.

Meskipun mereka yang berada di industri fashion mungkin adalah selebritis itu sendiri, mereka tetap mengundang nama-nama besar dari berbagai bidang untuk menjadi pendukung merek. Misalnya, Puma menjadikan Rihanna direktur kreatif dari koleksi wanitanya.

Dan taktik ini tidak hanya bekerja untuk ritel. Bank of Georgia mengundang seorang blogger terkenal untuk berpartisipasi dalam kampanye Natalnya. Apa yang didapat bank? Perhatian, audiensi, dan pertumbuhan keterlibatan di seluruh dunia di semua saluran sosial, dan sebagai akibatnya, PR besar-besaran.

Baca Juga: Stylist Selebriti Ini Menggunakan Instagram untuk Menunjukkan Kepada Penggemar Bagaimana Momen Karpet Merah Dibuat

Pemasaran pembajakan berita

Istilah newsjacking dipopulerkan berkat buku David Meerman Scott, Newsjacking: Cara Menyuntikkan ide-ide Anda ke dalam berita baru dan menghasilkan banyaknya liputan Media. Newsjacking bahwa perusahaan menggunakan berita topik yang sedang hangat untuk menarik perhatian audiens terhadap merek.

Merek-merek fashion telah melangkah lebih jauh. Mereka menggunakan tren politik yang panas dan memakai slogan politik di pakaian. Koleksi politik ini diperagakan di seluruh Pekan Mode New York oleh beberapa merek seperti Prabal Gurung, Creatures of Comfort, Upacara Pembukaan dan Alice, Olivia.

Sebagai contoh, The Row menyulam kata-kata seperti kebebasan dan harapan pada potongan-potongan tertentu, dan Sekolah Umum menggunakan permainan pada topi merah terkenal Donald Trump.

Baca Juga: 4 Ide Pemasaran dari Industri Mode yang Dapat Digunakan di Setiap Bisnis

Langkah ini mendapatkan kesempatan merek-merek fashion untuk mendapatkan perhatian dari jenis audiens yang sangat baru orang-orang muda dan yang terlibat secara politis. Terlebih lagi, koleksi ini ditulis dengan liar bukan dalam mode tetapi di media politik, sehingga merek mendapatkan liputan media yang lebih luas.

Ada banyak berita, ide, dan peristiwa yang terjadi setiap hari. Caranya adalah dengan memilih topik yang relevan dan menggunakannya untuk menarik perhatian pada merek Anda.

Livestreaming

Keuntungan utama yang didapat dari ritel fashion dari streaming langsung adalah penonton. Video langsung membantu merek menjangkau jutaan orang. Selain itu, berkat siaran langsung acara industri terbesar pekan mode tidak lagi menjadi acara elit dan tertutup.

Baca Juga: Tory Burch Mengatakan Pengusaha yang Menginspirasi Berbagi 3 Kualitas

Setiap orang dapat menonton pertunjukan secara langsung. Dan ini adalah cara yang tepat untuk memperluas merek. Meskipun setiap tamu acara dapat membuat video langsung di saluran mereka sendiri, pekan mode memiliki saluran resmi mereka sendiri. Mereka mengumumkan dan mempromosikan saluran ini sebelum acara terjadi, di semua saluran sosial, dan mengarahkan audiens sosial ke situs web resmi.

Sementara itu penonton sangat menyukai video langsung. Sebagai contoh, mari kita lihat lonjakan keterlibatan yang luar biasa di halaman Instagram Louis Vuitton. Hari itu, siaran langsung koleksi Men’s Fall-Winter tahun 2017 di Paris Fashion Week diumumkan. Segera setelah merek menyebutkan video langsung pertunangan meningkat tiga kali lipat.

Baca Juga: Cara Melakukan Bisnis Santai dengan Gaya Indah